Sabtu, 23 Februari 2013

makam puyang riye belange/puyang telok


Inilah makam Puyang Riye Belange yg terletak didesa Lubuk Rukam,Beliau adalah tokoh sentral berdirinya Lubuk Rukam.Kalau tidak ada beliau pada masa itu,mungkin Sejarah Lubuk Rukam tidak akan pernah ada.jasanya tiada tara dan tiada bandingan,namun bnyak pula misteri2 yang beliau tinggalkan.
Pada suatu hari datanglah Puyang Komering (Puyang Kancil) ke Lubuk Rukam dgn tujuan untuk menjajah atau merompak daerah ini,Beliau mghdap Aryo Bango selaku Kerio / Riye daerah ini pda wktu itu untuk mngutarakn tujuan kedatangannya.Dengan santun dan ramah Aryo Bango didampingi oleh 4 orang Penggawanya (Kedun,Raden Mas,Bujang Jawe,Siak Medang) mnerima kedatangan Puyang Kancil,lalu Aryo Bango mengajak Puyang Kancil untuk makan sirih sbgai adat penyambutan Selamat Datang pd wktu itu (smpai skrg adat Sekapur Sirih masih dipakai),Aryo Bango menghidangan ramuan2 sirih yg akan dimakan bersama yg terdri dari : Pecahan Belanga/Belange,Pecahan Batu Alam,Pecahan Gong (yg trbuat dri Kuningan) dan Sabut Kelapa.Dgn santai Aryo Bango merajang ramuan Sirih dan memakannya didepan Puyang Kancil.Melihat kejadian itu Puyang Kancil lalu tidak sanggup untuk mengutarakan maksud kedatangannya,dan akhirnya tidak jdi utk merompak dan menjajah didaerah ini dan memilih bersahabat dgn Lubuk Rukam,Rombongn Puyang Kancil akhirnya pergi mninggalkan Lubuk Rukam.Sejak kejadian itu oleh masyarakat Kampung Lubuk Rukam pd masa itu Aryo Bango dinamai / disebut dengan " RIYE BELANGE " (Riye = Kerio. Belange = Belanga) atau ARYO BELANGA..

Cerita asal usul nama Puyang Riye Belange ini secara turun temurun diceritakan oleh orang2 tua di Desa Lubuk Rukam.Kebenaran dan keabsahan cerita ini hanya Allah yg maha tau.

4 komentar:

  1. Assalamualaikum..dulu bapak sering cerita ada makam puyang jawe di lubuk rukam, mungkin yang dimaksut makam ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sayapun diberitahu.ada pangeran dari jawa datang ke lubuk rukam,dan mendirikan wulayah disana.itu cerita turun temurun leluhur dari Mataram.karena dulu palembamgn dan sekitarnya di bawah wilayah Mataram.apakah aryo bango nama lain dari aryo dilah atau arya mataram

      Hapus
    2. 🙏🙏🙏Kl Aryo Bango itu dari Banten mang namanya asli dari Aryo Bango Yunus bin abdulah sebelum perpijak ketanah sumatera mungkin yg di maksud Raden kuning mang nama asli beliau Raden Arya penangsang dari dari Demak

      Hapus
  2. Itu masih cucung Raden patah kerajaan Demak

    BalasHapus